Yuk belajar dari Cara Belajarnya Negeri Impian

Di sebuah negeri impian ....
DI sebuah ruang kelas, seroang guru sedang akan mengajar murid-muridnya. Hari ini sang guru akan mengajar tentang ciri-ciri hewan mamalia. Guru itu memulai dengan sedikit penjelasan tentang hewan mamalia. Selanjutnya guru itu memberikan 10 pertanyaan untuk dijawab murid-muridnya.
Dengan segera beberapa murid pergi ke perpustakaan untuk emncari jawaban atas pertanyaan guru. Sekelompok murid lainnya, pergi ke ruang multimedia untuk menonton film tentang hewan mamalia. Yang lainnya ada yang pergi ke ruang laboratorium untuk searching di goolge. Yang lainnya ada yang mewawancarai beberapa nara sumber yang menurut mereka mengetahui materi pelajaran.
Setelah mereka semua selesai, maka setiap orang memberikan laporan. Ada yang membuat laporan dengan mengarang dekriptif, ada yang membuat komik penegtahuan, ada yang mengetik di komputer, bahkan ada yang langsung melakukan laporan kepada guru.

Sungguh, pembelajaran di atas ternyata bukan hanya terjadi di negeri impian. DI sekolah-sekolah Indonesia ada beberapa yang menerapkan metode di atas. Namun masih bisa dihitung dengan jari. Mengapa? mengapa metode pembelajaran yang memunculkan gaya belajar sesuai keunggulan masing-masing anak ini belum dipraktekkan seluruhnya di Indoensia?

Tanyalah rumput yang bergoyang .... canda..

0 komentar:

Poskan Komentar

Apa yang Anda tulis adalah hasil dari pola pikir Anda.

 
Konsultasi Belajar. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.